Tirai Ternyata Mampu Tingkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda bangun di pagi hari dengan perasaan sangat lelah, lingkungan tidur Anda bisa menjadi penyebab kurang tidur Anda yang nyenyak. Sementara lingkungan yang sejuk, redup, dan tenang adalah pengaturan tidur yang ideal, faktor-faktor ini biasanya menjadi perhatian terakhir bagi banyak orang di kamar tidur.

Faktanya, jajak pendapat tahun 2012 oleh National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa 93% orang menganggap kasur yang nyaman sebagai faktor paling penting untuk tidur nyenyak dengan bantal yang nyaman berada di posisi dekat. Namun, hanya 65% responden mengatakan mereka menganggap tirai, bagian penting dari menjaga lingkungan tidur Anda gelap, menjadi faktor penting.

Sayangnya, ini dapat merusak kualitas mata Anda yang tertutup : Cahaya yang masuk ke kamar Anda sebenarnya dapat menghentikan produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur Anda. Sementara sedikit cahaya mungkin * tidak * terlihat seperti masalah besar (terutama jika Anda masih tertidur), Joyce Walsleben, PhD, Direktur NYU Sleep Disorders Center, sebelumnya mengatakan kepada Health bahwa “Cahaya dapat dideteksi melalui kelopak mata dan otak Anda tidak akan memproduksi melatonin jika bingung antara siang dan malam.”

Ini berarti bahwa bahkan jika Anda memiliki kasur terbaik di dunia atau bantal yang nyaman, seperti awan, tidur Anda masih dapat terganggu oleh polusi cahaya. Untungnya, ada cara yang sangat terjangkau dan sederhana, yakni kuncinya pada tirai.

Selain menghalangi cahaya, tirai yang apik juga mengurangi kebisingan dari luar. Alih-alih mendengarkan sirene dan tetangga Anda, konvoi larut malam, Anda akan suka bagaimana mereka membantu ruang Anda terasa lebih seperti oasis tidur pribadi.

Leave a Reply

× Whatsapp