Tips Melakukan Self-Care untuk Orang yang Sibuk

Banyak orang disibukkan dengan pekerjaan dan keluarga setiap hari. Tetapi berapa banyak waktu yang Anda gunakan untuk diri sendiri? Pada akhirnya, Anda langsung pergi tidur setiap malam tanpa memikirkan pentingnya “me time”. Maka sebelum Anda terlambat menyadarinya, perlu diingat bahwa beberapa hari akan berubah menjadi satu bulan, dan satu bulan akan berubah menjadi satu tahun.

Memang tampaknya harus mengisi seluruh waktu untuk fokus terhadap pekerjaan. Tujuannya pun untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Namun, Anda tentu harus ingat bila mengurus diri sendiri terlebih dulu juga tak kalah penting.

Tak ada salahnya Anda mengikuti beberapa tips self-care berikut. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Tidur yang Cukup

Anda harus memastikan selalu tidur dengan jumlah jam yang tepat setiap malam. Mulailah mengatur waktu bangun tidur dan waktu yang paling tepat untuk mulai tidur. Misalnya, jika Anda ingin tidur 8 jam dan bangun pagi pukul 07.00, maka Anda harus tidur pukul 23.00.

  1. Mulailah Berolahraga

Tahukah Anda jika berolahraga mampu menjaga daya ingat dan kemampuan berpikir? Sebuah studi menemukan bagian dari otak yang mengontrol pikiran dan ingatan memiliki “volume lebih besar” pada orang-orang yang rutin berolahraga.

Inrensitas latihan yang disarankan per minggu adalah 150 menit, tetapi tidak apa-apa jika Anda memulai dari waktu yang sedikit lalu meningkatkannya. Tentu tidak ada salahnya selalu mencoba, bukan?

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Tubuh

Kebanyakan orang tidak memenuhi jumlah nutrisi yang tepat dalam makanan mereka. Akibatnya, Anda terpaksa mengonsumsi vitamin untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Melengkapi nutrisii dengan vitamin selalu menjadi pilihan, tetapi Anda tetap harus rutin makan.

  1. Ambil Jeda

Ada pepatah mengatakan bahwa orang mengorbankan kesehatan untuk mendapat kekayaan, kemudian mereka menghabiskan kekayaan untuk membeli kembali kesehatan mereka. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi nantinya, kan?

Anda tidak perlu merencanakan liburan yang mewah, seperti bepergian ke luar negeri. Cukup dengan bersantai sore hari dan tidak disibukkan dengan panggilan pekerjaan. Habiskan waktu itu sesuai keinginan Anda. Betapa pentingnya mengambil jeda dari tekanan kehidupan biasanya sebagai bentuk self-care.

  1. Terhubung dengan Batin Anda

Meditasi mindfulness adalah tips perawatan diri yang kuat untuk orang yang sibuk. Anda dapat mencapai meditasi hanya dalam beberapa menit. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus pada saat ini.

Salah satu cara termudah untuk berlatih meditasi ini adalah untuk fokus pada salah satu dari lima indera Anda. Jadi, memusatkan perhatian pada hal itu akan membantu Anda untuk memperhatikan apa yang sedang terjadi di sini dan sekarang. Manfaat meditasi dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan untuk mengatur emosi, serta mengelola stress, dan kecemasan Anda. Selamat mencoba lima tips di atas!

Leave a Reply

× Whatsapp