Studi Buktikan Anak-anak Berisiko Alami Penurunan Aktivitas Fisik

Pelacak kebugaran untuk anak-anak telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Ini untuk alasan yang bagus. Ada masalah penurunan aktivitas fisik pada anak-anak ditambah dengan peningkatan obesitas.

Banyak faktor yang dapat berkontribusi pada peningkatan risiko anak Anda menjadi kelebihan berat badan. Ini termasuk diet, kurang olahraga, keluarga yang kelebihan berat badan, faktor psikologis, sumber daya yang terbatas dan banyak lagi.

Obesitas sedunia hampir tiga kali lipat dalam 40 tahun terakhir. Lebih dari 400 juta anak-anak dan remaja berusia 19 tahun ke bawah kelebihan berat badan atau obesitas. Statistik terakhir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan ini bukan hanya masalah bagi negara-negara berpenghasilan tinggi. Pada tahun 2016, hampir setengah dari semua anak yang kelebihan berat badan di bawah 5 tinggal di Asia dan seperempat di Afrika.

Pandangan bahwa aktivitas fisik pada anak-anak tinggi dan tidak menurun sampai masa remaja terus dipegang secara luas. Namun, sebuah studi baru menunjukkan ini salah.

Ini sebenarnya adalah penilaian terhadap 50 studi yang diterbitkan dari seluruh dunia yang mencakup sekitar 22.000 anak muda antara usia 2 dan 18. Penilaian ini dipimpin oleh para peneliti di University of Strathclyde, tetapi juga melibatkan para ilmuwan dari University College London, University of Glasgow dan Rumah Sakit Kedokteran Ortopedi dan Kedokteran Olahraga Aspetar di Doha, Qatar.

Menurut angka mereka, aktivitas harian turun sekitar 3 hingga 4 menit setiap tahun dari usia empat atau lima tahun. Ini adalah kasus untuk anak laki-laki dan perempuan.

“Pandangan bahwa aktivitas fisik pada anak-anak tinggi dan tidak menurun sampai masa remaja – dan bahkan saat itu terutama di kalangan anak perempuan – terus dipegang secara luas di kalangan pembuat kebijakan dan praktisi di seluruh dunia,” kata Profesor John Reilly, dari Sekolah Ilmu Psikologi & Sains Strathclyde. Kesehatan.

“Akibatnya, kebijakan dan praktik yang ditujukan untuk mempromosikan kegiatan telah difokuskan pada remaja perempuan, yang dipandang sebagai kelompok berisiko tinggi yang aktivitas fisiknya menurun dan menurun; penelitian kami menunjukkan bahwa, meskipun penurunan relatif lebih besar di kalangan anak perempuan, tidak ada satu kelompok berisiko tinggi. Semua anak menghadapi risiko tinggi dan aktivitas fisik perlu dipromosikan kepada mereka – dan orang tua mereka – sebelum mereka bahkan mulai sekolah.”

Pedoman saat ini adalah bahwa anak-anak memerlukan 60 menit aktivitas fisik per hari. Ini dapat dicapai dengan memasukkan aktivitas aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat, atau aktivitas intensitas tinggi seperti berlari. Ini juga baik untuk menjalani aktivitas aerobik dengan intensitas tinggi setidaknya 3 hari per minggu. Yang mengejutkan, angka-angka WTO menunjukkan bahwa empat dari lima anak berusia antara 11 dan 17 tahun secara global tidak memenuhi tujuan ini.

“Tingkat yang lebih tinggi dari apa yang didefinisikan sebagai aktivitas fisik sedang hingga kuat pada anak-anak meningkatkan kesehatan tulang, perkembangan dan pembelajaran otak mereka, tingkat kegemukan tubuh, kesehatan kardiovaskular dan metabolisme serta tidur,” tambah Reilly.

“Namun, terlepas dari banyak manfaat penting ini, hanya sebagian kecil anak-anak dan remaja yang memenuhi tingkat aktivitas fisik yang disarankan.”

Pelacak kebugaran untuk anak-anak mungkin belum biasa seperti orang dewasa, tetapi mungkin memang seharusnya begitu. Semakin banyak anak-anak Anda belajar tentang manfaat gerakan dan aktivitas, semakin besar kemungkinan mereka untuk melakukan upaya untuk tetap fit dalam kehidupan dewasa mereka.

Leave a Reply

× Whatsapp