Simak Cara-cara Berhenti Memakan Junk Food!

Kita semua tahu junk food itu tidak sehat. Obesitas telah menyoroti bahaya makan berlemak tinggi dan makanan tinggi gula dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya, seperti diabetes, pada konsumsi junk food yang berlebihan. Jadi mengapa kita masih menginginkan makanan yang sangat buruk bagi tubuh?

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ada dua faktor. Yang pertama adalah sensasi makanan, termasuk rasa, bau, dan seringkali teksturnya di mulut. Perusahaan junk food akan pergi ke atas dan ke luar untuk menemukan tingkat kesempurnaan, kehalusan, dan kegilaan yang akan mengirim kita ke otak kita dalam junk food dan membelinya berulang kali.

Faktor kedua adalah kombinasi sempurna antara gula, lemak, dan garam. Campuran yang tepat akan membuat bahan kimia di otak Anda bersemangat dan menginginkan lebih karena kualitas adiktif yang dimiliki junk food.

Cara untuk Mengakhiri Kebiasaan Mengonsumsi Junk Food

Apakah Anda makan junk food setiap hari, seperti soda, permen, keripik, cokelat, atau bahkan hanya sesekali? Perhatikan 5 cara di bawah ini untuk memulai makan makanan yang sehat.

  1. 5 Aturan Bahan

Ini adalah cara yang baik untuk menyaring makanan olahan dari makanan sehat yang lebih sehat. Apa pun yang Anda makan, pastikan tidak memiliki lebih dari lima bahan di dalamnya. Periksa label dengan hati-hati dan singkirkan apapun dengan daftar konten yang panjang, terutama jika Anda belum pernah mendengarnya. Pertimbangkan untuk memasak versi hidangan Anda sendiri sehingga Anda tahu persis proses memasaknya dan hindari bahan-bahan yang tinggi gula dan berlemak tinggi.

  1. Kenali Makanan Pemicu Anda

Kita semua memiliki makanan pemicu yang sulit sekali kita hindari. Bahkan, ketika kita berada di rumah, maka makanan itu seolah selalu menunggu untuk kita makan. Karena sudah kecanduan junk food, kita akan semakin sulit untuk tidak tergoda memakannya. Biasakan untuk tidak tergiur membeli makanan-makanan tersebut agar tidak tersimpan di dalam rumah. Dengan demikian, Anda tidak akan memiliki stok untuk dimakan di kemudian hari.

  1. Aturan 3 Warna

Taktik lain yang bisa Anda gunakan adalah aturan tiga warna. Semakin banyak warna alami yang bisa Anda temukan dalam makanan Anda, semakin baik warnanya. Jadi, alih-alih meraih cokelat batangan, pilih kacang campuran atau bergizi dalam diet Anda. Ini sangat membantu ketika Anda sedang ngemil karena di situlah banyak kalori yang masuk tanpa berpikir.

  1. Ubah Kebiasaan Rutin Anda

Sangat mudah untuk masuk ke dalam rutinitas nyemil atau makan junk food. Kita bisa terbiasa dengan sekantong es krim pada jam 11 pagi untuk membuat kita tetap dingin pada jam 3 sore untuk menjaga energi kita tetap tinggi. Ketika Anda merasa perlu memiliki camilan tidak sehat seperti biasanya, berjalan-jalanlah selama lima menit atau melakukan sesuatu yang berbeda yang akan membuat Anda tidak ingin mengunjungi mesin penjual otomatis.

  1. Posisikan Makanan Sehat secara Strategis

Memiliki pilihan yang lebih sehat dalam pandangan langsung akan melatih otak Anda untuk tidak memilih junk food. Jadi Anda memiliki posisi makanan sehat di bagian depan dan tengah lemari es Anda sehingga ketika Anda membukanya, inilah yang Anda lihat sebagai pilihan pertama. Simpan mangkuk buah di atas meja agar mudah dijangkau. Ya, sangat penting untuk menyingkirkan keinginan dan kecanduan junk food. Oleh karena itu, mulailah memakan makanan sehat sebagai gaya hidup yang menjadi kunci kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan kita.

Leave a Reply

× Whatsapp