Minuman Bersoda Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Minuman Bersoda Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Minuman bersoda dapat merusak kolesterol dan kadar trigliserida yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, sebuah studi baru menemukan. Secara khusus, minum lebih dari 12 ons (sekitar 350ml) soda manis atau minuman buah sehari mungkin bukan pertanda baik bagi kesehatan jantung Anda, kata para peneliti.

“Pikirkan sebelum Anda minum. Ada banyak bukti yang menghubungkan minuman manis dengan hasil kesehatan yang buruk, dan pesan ini jelas,” kata ketua peneliti Nicola McKeown, seorang ahli epidemiologi nutrisi di Jean Mayer A.S.A. Pusat Penelitian Nutrisi Manusia tentang Penuaan di Universitas Tufts di Boston.

Menurut para peneliti, minuman seperti soda, minuman olahraga, dan minuman rasa buah adalah sumber terbesar gula tambahan.

Minuman diet tidak begitu buruk

“Upaya dan kebijakan yang ditujukan untuk mengurangi asupan minuman yang dimaniskan gula harus dilanjutkan,” kata McKeown. “Ketika datang ke minuman alternatif, kami memerlukan lebih banyak informasi tentang apa yang kami masukkan ke dalam kacamata kami dan bagaimana hal itu dapat membuat perbedaan dalam kesehatan kami, secara positif atau negatif.”

McKeown dan timnya menemukan bahwa minum lebih dari 12 ons minuman manis sehari dikaitkan dengan 53% kemungkinan lebih tinggi dari trigliserida tinggi dan kemungkinan 98% lebih tinggi dari kolesterol HDL rendah (kolesterol “baik”), dibandingkan dengan minum lebih sedikit.

Temuan ini berasal dari data pada hampir 6.000 orang yang mengambil bagian dalam Studi Offspring dan Jantung Framingham Generasi 3. Peserta diikuti selama lebih dari 12 tahun antara 1991 dan 2014.

Baik minuman manis berkalori rendah maupun jus buah 100% tidak dikaitkan dengan perubahan negatif pada kolesterol, para peneliti mencatat.

“Itu tidak berarti kami akan merekomendasikan minum banyak soda diet atau jus buah sebagai alternatif, namun, karena penelitian tentang ini masih berkembang, dan untuk saat ini, itu tidak meyakinkan,” kata McKeown.

Melanggar kebiasaan

Karena begitu banyak orang mengandalkan minuman diet sebagai alternatif dari minuman manis, para peneliti percaya bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa apakah ada hubungan antara minum minuman manis berkalori rendah dan perubahan yang tidak menguntungkan pada kolesterol dan trigliserida.

“Hasil kami menunjukkan bahwa membatasi, atau bahkan menghilangkan, minuman yang dimaniskan dengan gula mungkin merupakan ide yang baik untuk orang yang ingin mempertahankan kadar kolesterol dan trigliserida normal, terutama seiring bertambahnya usia,” kata McKeown.

Laporan ini dipublikasikan secara online di Journal of American Heart Association.

Seorang ahli diet yang bukan bagian dari studi ini menawarkan saran tentang bagaimana konsumen dapat menghentikan kebiasaan minuman manis mereka.

“Minuman yang dimaniskan dengan gula terasa enak, banyak yang berkafein, dan nyaman – semua kualitas menarik bagi banyak orang Amerika,” kata Samantha Heller, ahli gizi klinis senior di New York University Medical Center. “Tapi kita tidak bisa terus mengabaikan kenyataan bahwa mereka tidak sehat untuk kita,” katanya.

Sebagai permulaan, anak-anak tidak boleh diberi minuman ini, Heller berkata: “Memberi minuman manis untuk anak kecil adalah cara yang pasti untuk membuat mereka terhubung dengan rasa yang sangat manis.”

Untuk anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa, beralih ke seltzers rasa atau menambahkan percikan jus 100% atau teh herbal ke seltzer biasa dapat memuaskan keinginan untuk gelembung dan rasa, kata Heller.

“Sebagai gantinya, pilihlah air, teh, kopi, atau susu nabati tanpa pemanis, dan jika Anda tidak menyukai rasa air keran Anda, cobalah menggunakan filter,” sarannya.

Leave a Reply

× Whatsapp