Latihan untuk Meningkatkan Tinggi Badan – Part I

Bertambah tinggi setelah usia normal 18 tahun terasa hampir mustahil. Namun, bukan berarti tidak mungkin! Tinggi badan Anda dan proses bertambah tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, hormon, gen, dan nutrisi. Terdapat beberapa cara yang akan membantu Anda tumbuh lebih tinggi.

Latihan adalah langkah pertama dan terpenting yang membantu Anda menambah tinggi. Untuk menambah tinggi badan, Anda perlu meregangkan otot-otot tulang belakang, leher, dan kaki Anda dan itu dapat dengan mudah dicapai dengan latihan peregangan sederhana.

Berikut adalah beberapa latihan paling efektif yang akan membantu Anda menambah tinggi badan

1. Hanging atau Menggantung

Dengan menggunakan tangan Anda sebagai pendukung, gantungkan tubuh Anda ke bawah. Ini membantu dalam meregangkan otot-otot Anda sehingga mendorong peningkatan tinggi badan Anda.

– Cara Menggantung di palang menggunakan tangan Anda.
– Jaga agar lengan dan tulang belakang tetap lurus.
– Tetap di posisi selama 30 detik.
– Ulangi hal yang sama setidaknya tiga kali sehari.

2. Jogging

Salah satu latihan paling penting untuk menambah tinggi badan Anda, jogging membantu membuat kaki lebih panjang. Cara ini paling efektif bila dilakukan segera setelah mencapai masa puber, tetapi dapat dilakukan kapan saja dalam hidup Anda.

3. Skipping atau Melompat

Antara menyenangkan dan bermanfaat, melompat membantu meningkatkan tinggi badan Anda karena melibatkan kegiatan meloncat. Melompat tali memperkuat kaki Anda dan membuatnya lebih panjang. Pada akhirnya membantu Anda menjadi tinggi.

Catatan: Saat melompat, pastikan kedua kaki Anda terangkat dan mendarat di permukaan secara bersamaan.

4. Vertical bends atau Tekukan vertikal

Berlatih latihan ini membantu membuat otot-otot di area betis Anda mengembang. Batas vertikal, seperti namanya, perluas otot-otot dalam arah vertikal sehingga membuat Anda lebih tinggi.

Bagaimana caranya?

– Berdiri dan jaga kaki sedikit terpisah satu sama lain.
– Membungkuk dan mencoba menyentuh lantai.
– Jangan menekuk lutut Anda.
– Ulangi selama 7-8 kali.

5. Toe Lifts atau Mengangkat Kaki

Latihan ini sangat mudah dilakukan. Ketika Anda menerapkan kekuatan pada jari-jari kaki dan meraih ke atas, otot-otot di tangan Anda, serta kaki Anda, memanjang.

Bagaimana caranya

– Berdiri tegak dengan punggung lurus.
– Regangkan otot-otot di kaki Anda sambil meraih.
– Secara bersamaan, letakkan tangan Anda tinggi-tinggi mencoba menjangkau ke arah langit-langit.
– Ulangi sesuai keinginan Anda.

Leave a Reply

× Whatsapp