Kurangi Stres dengan Pola Makan Sehat

Setiap orang pasti mengalami banyak tekanan dalam kehidupan sehari-hari, bisa jadi tekanan yang terjadi di rumah atau tempat kerja. Anda harus pintar mengelola tekanan tersebut agar tidak mudah mengalami stres.

Selain itu, ada pula penyebab lain yang membuat seseorang bisa merasakan stres. Siapa sangka jika makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya bisa berpengaruh.

Untuk mengurangi stres, coba terapkan tips-tips pola makan sehat berikut:

1. Perbanyak Asupan Serat

Makanan dengan kandungan serat tinggi dalam pola makan harian dapat membantu kurangi stres. Bakteri yang bersarang di dalam usus membantu turunkan tingkat kecemasan serta stres pada tubuh.

Setiap Anda memakan sumber serat, bakteri itu mampu mengubah serat menjadi asam lemak rantai pendek, alias short-chain fatty acids (SCFAs). Makanan dengan SCFAs dapat membantu menurunkan tingkat stres, selain sebagai sumber gizi utama.

Beberapa makanan yang memiliki sumber serat tinggi dan membantu merangsang produksi SCFAs, antara lain buah apel, kacang kedelai, kacang polong, produk gandum, serta berbagagi macam sayuran.

2. Makan Sumber Karbohidrat Kompleks

Mengonsumsi makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks akan membantu tubuh memproduksi lebih banyak serotonin. Zat serotonin sendiri bertugas untuk memperbaiki suasana hati.

Saat stres melanda, zat serotonin justru menurun. Anda harus mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk mengembalikan kadar serotonin, seperti roti gandum, biji-bijian, sayuran, maupun buah-buahan.

3. Mengurangi Asupan Lemak

Mulailah menerapkan pola makan sehat yang tidak terlalu banyak lemak jenuh dan trans. Pasalnya, hal tersebut dapat berdampak buruk pada keseimbangan hormon di dalam tubuh. Salah satunya adalah memengaruhi kadar hormon pemicu dan pengendali stres.

4. Perbanyak Asupan Vitamin dan Mineral

Asupan vitamin dan mineral ternyata membantu mengurangi tingkat stres tubuh, mulai dari vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, magnesium, serta selenium. Kebutuhan vitamin dan mineral harus tercukupi untuk mengurangi tekanan pada psikologis seseorang. Kekurangan asupan zat tersebut dapat mengacaukan keseimbangan hormon pemicu dan pengendali stres pada tubuh.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan

Dehidrasi kerap dialami seseorang yang kehilangan cairan. Saat Anda mengalami dehidrasi, maka terjadi peningkatan kadar hormon kortisol. Anda akan merasa sangat stres dan sulit berpikir jernih jika kadar hormon kortisol semakin tinggi. Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh selalu tercukupi.

Leave a Reply

× Whatsapp