Kelola Stres, Lakukan Sesegera Mungkin !

kelola-stress

Doran.id – Beberapa waktu lalu perusahaan Garmin mempublikasikan hasil penelitiannya, dimana masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki tingga stres tinggi dibandingkan negara ASEAN lainnya, hasil tersebut kami bahas secara mendetail di “Penelitian Garmin, Orang Indonesia Punya Tingkat Stres Tinggi“. Gejala stres inilah yang menimbulkan banyak sekali gangguan kesehatan lainnya, maka dari pembaca harus sesegera mungkin mengelola stres yang dimiliki.

Berikut ini artikel yang kami rangkum untuk kalian supaya kalian bisa mengurangi tingkat stres yang dimiliki.

1. Ambil waktu istirahat sejenak untuk ‘bernafas’.

Istirahat pendek yang rutin dilakukan selama sehari bekerja, membuat Anda dapat menghirup nafas dalam-dalam dan menenangkan fikiran, untuk mencegah peningkatan rasa stres. Dan bagi Anda sering melakukan ibadah di tengah waktu kerja, pergunakanlah momen tersebut untuk menenangkan diri dan berkomunikasi dengan Tuhan.

2. Mengenal Musuh.

Apa sebenarnya yang membuat stres? Apakah pekerjaan, kehidupan pribadi, atau hubungan dengan pasangan? Tanpa mengetahui akar permasalahnya, Anda pasti tidak dapat menyelesaikan masalah. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari tahu apa sumber stres Anda, carilah bantuan ahli dari “Program Bantuan Karyawan” di tempat kerja Anda, atau ahli kesehatn mental profesional.

3. Berolah Ragalah!

Mulailah melakukan program olah raga secara teratur. Olah raga membantu melepas hormon Endorfin, yang dapat menghilangkan stres. Tidak ada yang bisa meragukan kebenaran terhadap kegiatan olahraga untuk memulihkan metabolisme tubuh.

Baca Juga : Cara Pantau Data Aktivitas Anda Melalui Fitur My Day Garmin Connect?

4. Jangan Terlalu Ngotot.

Ketahuilah perbedaan antara hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan yang tidak. Buat daftar dari 2 kategori tersebut. Mulai hari ini buatlah perjanjian dengan diri anda sendiri untuk berhenti mengkahwatirkan hal-hal dalam pekerjaan Anda yang tidak dapat Anda kendalikan.

5. Hati-hati Terhadap To Do List.

Catat semua hasil kerja Anda yang memuaskan dan berilah pujian pada diri Anda sendiri karenanya. Siapkan target pencapaian jangka pendek dan biarkan diri Anda merasakan kepuasan saat berusaha mencapainya.

6. Kembangkan Sikap Cuek.

Jangan selalu memasukan dalam hati terhadap segala kritik yang Anda terima. Anggaplah komentar-komentar negatif tersebut sebagai sebuah kritik membanguna yang depat meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. Jika kiritk itu terdengar sangat kejam ketika diucapkan – seperti misalnya ketika atasan Anda berteriak kepada Anda, atau menggunakan bahasa kasar – bicarakan masalah ini dengan pengawas Anda atau bagian SDM

7. Bagikan Pekerjaan Yang Menumpuk.

Bagikan atau limpahkan pekerjaan Anda apabila memungkinkan. Jangan terjebak kepada pemikiran bahwa anda adalah satu-satunya orang yang dapat melakukannya.

Baca Juga : Kendalikan Stres Liburan dengan Bantuan dari GarminKelola Stres Dengan Berlibur

8. Menghibur Diri.

Ketika Anda tengah menghadapi beban pekerjaan yang berat, maka tanamkan dalam hati Anda bahwa dibalik semua beban kerja yang menghimpit tersebut Anda termasuk orang-orang yang beruntung. Bandingkan dengan rekan-rekan Anda yang lain yang mempunyai karir pekerjaan tidak sebaik Anda atau bahkan rekan Anda yang belum memperoleh pekerjaan, sedangkan saat ini Anda sudah memiliki karir yang mapan dan setiap bulan Anda telah memiliki penghasilan yang pasti. Satu hal lagi yang perlu dipahamai tentang satu petuah bijak adalah bahwa “seseorang yang tidak memiliki masalah dalam hidupnya adalah justru mereka yang bermasalah”.

9. Terus Motivasi Diri Anda Dengan Hal-hal Positif.

“Setelah kesulitan pasti Ada Kemudahan” demikian kira-kira kalimat yang harus selalu anda pegang dan cakan dalam-dalam. Misalnya Anda tengah menghadapi target kerja yang berat dalam minggu ini, katakan pada diri Anda bahwa di akhir minggu Anda sudah akan melewatinya dan akan bertemu dengan pacar Anda atau berkumpul dengan teman-teman dekat Anda atau mungkin akan menjalani hobi-hobi anda di minggu pagi. Langkah lain yang dapat ditempuh adalah dengan memasang foto putra-putri Anda – bagi yang telah berkeluarga – di meja kerja Anda, dan katakan pada diri Anda bahwa, setelah hari ini berakhir, Anda akan berjumpa dengan putra/putri kesayangan Andadi rumah.

Leave a Reply

× Whatsapp