Kapan Waktu Paling Tepat untuk Berolahraga?

Banyak orang selalu beralasan tidak memiliki waktu jika diminta berolahraga. Padahal manfaat yang didapat oleh seseorang dari berolahraga sangat banyak. Olahraga membuat kita bisa menjadi lebih fokus dan konsentrasi. Selain itu, suasana hati akan lebih baik dan menjadikan kita semakin kreatif setelah berolahraga.

Tahukah Anda bila terdapat waktu-waktu yang tepat agar mendapat hasil yang luar biasa?

Berolahraga Pagi Hari

Sebagian besar orang memilih berolahraga pada pagi hari. Kelebihan berolahraga pagi hari, sebagai berikut:

1. Beraktivitas Sepanjang Hari dengan Bebas

Ketika mengawali pagi hari melakukan olahraga, maka Anda dapat menikmati aktivitas sepanjang hari dengan bebas. Anda dapat melalukan apapun sesuai dengan yang diinginkan setelah menyelesaikan kewajiban berolahraga.

Energi dan fokus pagi hari menjadikan Anda semakin semangat berolahraga. Tidak perlu menunda-nunda waktu berolahraga. Mulai sekarang, sempatkan waktu olahraga pagi hari ya!

2. Gym Belum Ramai dan Peralatan Masih Tersedia

Anda termasuk orang yang suka berolahraga di tempat gym? Waktu efektif berolahraga di tempat tersebut adalah pagi hari. Anda dapat memanfaatkan peralatan-peralatan yang tersedia tanpa menunggu giliran orang lain.

3. Anda Punya Lebih Banyak Energi untuk Memulai Hari

Setelah berolahraga, Anda akan merasakan energi yang berlebih dalam tubuh. Dengan energi yang berlebih, Anda akan semakin kreatif dan fokus sehingga merasakan produktif saat bekerja. Waktu bekerja menjadi lebih efektif dan selesai lebih cepat.

4. Anda Menjadi Lebih Konsisten

Orang-orang yang konsisten berolahraga pagi tentu lebih baik dibandingkan dengan orang-orang yang suka menunda. Anda sudah terbiasa untuk berolahraga setiap paginya, maka tidak perlu khawatir jika ada acara mendadak pada siang hari. Kegiatan mendadak tentu tidak akan merusak waktu olahraga Anda yang memang sudah biasa dilakukan pagi hari.

Di samping kelebihan berolahraga pagi, Anda juga perlu memerhatikan kekurangan-kekurangannya. Apa saja?

1. Mengantuk di Tempat Latihan

Bangun pagi hari bukanlah hal yang mudah, terlebih harus melakukan olahraga. Beberapa dari kita tentu harus berjuang sangat keras untuk mewujudkan kebiasaan berolahraga pagi hari. Untuk mengatasinya, pastikan waktu tidur Anda setidaknya 7 hingga 8 jam.

2. Persiapan Harus Dimulai Malam Sebelumnya

Persiapan sebelum berolahraga pagi tentu sudah dimulai malam sebelumnya. Hindari mempersiapkan keperluan secara terburu-buru pada menit-menit terakhir. Mengepak semua kebutuhan adalah kunci untuk berolahraga pada hari itu. Agar lancar sebelum berolahraga, Anda harus mulai menjadikan rutinitas menyiapkan kebutuhan pada malam harinya.

Berolahraga Sore atau Malam Hari

Bagaimana dengan melakukan olahraga malam hari? Apakah waktu tersebut baik untuk mendapat hasil yang luar biasa? Simak kelebihan berolahraga sore atau malam hari.

1. Kinerja Tubuh Berada di Puncaknya

Saat berolahraga sore atau malam hari, Anda hanya perlu melakukan pemanasan sebentar karena suhu tubuh telah meningkat sepanjang hari. Suhu tubuh yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan fleksibilitas, kekuatan otot, dan peningkatan daya tahan.

2. Lebih Mudah Mengajak Teman untuk Berolahraga Bersama

Jika berolahraga malam hari, Anda tidak akan kesulitan mengajak teman-teman untuk ikut bersama. Sore atau malam hari merupakan jadwal yang fleksibel karena tidak mengganggu kesibukan sebagian besar orang, seperti bekerja.

3. Memiliki Lebih Banyak Opsi Kelas Olahraga

Banyak opsi kelas olahraga yang dibuka pada sore atau malam hari dibandingkan waktu pagi. Hal itu membuat Anda bisa mengikuti banyak kelas olahraga secara fleksibel.

4. Membuat Relaks setelah Beraktivitas Sepanjang Hari

Berolahraga sore atau malam hari ternyata dapat membuat Anda relaks setelah beraktivitas sepanjang hari. Setidaknya satu jam di gym membuat Anda bisa keluar dengan pikiran yang tenang.

Kekurangan Olahraga Sore atau Malam Hari

1. Anda Dapat Tertinggal

Menunda waktu olahraga hingga sore hari cenderung membuat Anda melewatkan waktu latihan. Di sisi lain, energi juga telah terkuras karena aktivitas yang dilakukan selama pagi hingga siang hari.

2. Tempat Olahraga Cenderung Ramai

Sebagian besar tempat olahraga akan ramai pada sore hari karena banyak orang memilih datang setelah pulang kerja. Hal ini membuat Anda harus bergantian dengan banyak orang untuk mencoba alat-alatnya.

3. Diperlukan Persiapan Tambahan

Berolahraga sepulang kerja berarti Anda harus lebih memperhatikan makanan Anda dan memastikan bahwa Anda telah menyiapkan makanan ringan tambahan untuk membantu Anda menjalani latihan. Artinya, Anda harus membawa tas tambahan dengan pakaian olahraga Anda dan kebutuhan lainnya.

× Whatsapp