Inilah Penyebab Keju Baik bagi Pembuluh Darah

Jika keju adalah makanan yang disukai, Anda mungkin senang dengan penelitian terbaru dari Penn State University. Antioksidan yang secara alami terjadi pada keju dapat membantu melindungi pembuluh darah Anda dari kerusakan akibat kadar garam yang tinggi dalam makanan Anda, lapor sebuah rilis berita.

Para peneliti menemukan dalam studi cross-over acak bahwa ketika orang dewasa mengonsumsi terlalu banyak natrium melalui makanan mereka, pembuluh darah mereka mungkin menjadi rusak, yang dapat menyebabkan masalah kardiovaskular.

Tetapi ketika orang dewasa yang sama ini makan setidaknya empat porsi keju dalam hubungannya dengan diet tinggi natrium mereka, mereka tidak mengalami tingkat kerusakan pembuluh darah yang sama seperti yang diharapkan dari diet yang asin.

Temuan ini dapat membantu orang menyeimbangkan makanan yang rasanya enak dengan meminimalkan risiko yang berasal dari makan terlalu banyak garam, kata Billie Alba dari Penn State University, yang memimpin penelitian.

“Meskipun ada dorongan besar untuk mengurangi natrium makanan, bagi banyak orang itu sulit,” kata Alba. “Mungkin bisa memasukkan lebih banyak produk susu, seperti keju, bisa menjadi strategi alternatif untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan pembuluh tanpa harus mengurangi total natrium.”

Alasan kita membutuhkan garam, tetapi tidak terlalu banyak

Sodium adalah mineral penting bagi tubuh manusia untuk membantu mempertahankan kadar cairannya. Tetapi terlalu banyak natrium makanan dapat dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 5g per hari; Namun, diperkirakan bahwa Afrika Selatan menggunakan 8.5g.

Dan sementara kita cenderung berpikir bahwa kita seharusnya mengurangi jumlah garam meja yang kita tambahkan ke makanan kita, itu tidak sesederhana itu – natrium mengintai di banyak makanan yang mungkin tidak jelas “asin” – produk olahan seperti sereal, siap saji sup, bahkan roti.

Tetapi menurut Prof Lacy Alexander, peneliti lain dalam penelitian ini, penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara produk susu (ya, bahkan keju dengan kadar natrium yang lebih tinggi) dan peningkatan kesehatan jantung.

Para peneliti merekrut 11 orang dewasa tanpa tekanan darah sensitif garam untuk penelitian ini. Mereka masing-masing mengikuti empat diet terpisah selama delapan hari sekaligus: diet rendah sodium, tanpa susu; diet rendah sodium, keju tinggi; diet tinggi sodium, tanpa susu; dan diet tinggi sodium, keju tinggi.

Pada akhir setiap diet selama seminggu, para peserta kembali ke lab untuk pengujian. Para peneliti memasukkan serat kecil di bawah kulit partisipan dan menggunakan sejumlah kecil obat asetilkolin, senyawa yang memberi sinyal pembuluh darah untuk rileks.

Ini bisa membantu para peneliti menentukan bagaimana setiap pembuluh darah subjek studi dilakukan setelah diet. Tekanan darah dan urin subjek juga dipantau.

Setelah satu minggu, terlihat bahwa pembuluh darah pada diet tinggi tanpa keju keju tidak merespon dengan baik terhadap asetilkolin, tidak seperti pada diet tinggi keju tinggi sodium.

“Sementara para peserta menjalani diet tinggi sodium tanpa keju, kami melihat fungsi pembuluh darah mereka menurun ke apa yang biasanya Anda lihat pada seseorang dengan faktor risiko kardiovaskular yang cukup lanjut,” kata Alexander. “Tetapi ketika mereka mengkonsumsi jumlah garam yang sama, dan makan keju sebagai sumber garam itu, efek itu benar-benar dihindari.”

Meskipun belum pasti efeknya karena nutrisi spesifik dalam keju, disarankan bahwa antioksidan dalam keju mungkin menjadi faktor. Alba menyatakan bahwa penting bahwa efek ini diuji dalam studi yang lebih besar untuk melihat bagaimana susu dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

Leave a Reply

× Whatsapp