Frozen Yogurt Lebih Sehat daripada Es Krim, Benarkah?

Frozen yogurt maupun es krim adalah produk berbasis susu sehingga cenderung mengandung jumlah protein dan gula yang sama seperti yang diungkap Gabby Geerts, seorang ahli gizi, dalam Health24. Namun, es krim biasanya dibuat dengan krim atau lemak susu, yang berkontribusi terhadap kandungan lemak dan lemak jenuh yang lebih tinggi. FDA sebenarnya mengharuskan makanan beku mengandung setidaknya 10 persen lemak susu untuk memenuhi syarat sebagai es krim.

Di sisi lain, frozen yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dengan kultur yogurt sehingga memiliki lemak yang sama banyaknya dengan segelas standar susu rendah lemak. Kelemahannya adalah seperti banyak produk rendah lemak lainnya, merek sering menambahkan gula tambahan ke froyo untuk mengimbangi rasanya yang tidak terlalu kental.

Inilah yang akan Anda dapatkan dalam setengah porsi rata-rata yogurt vanila beku Anda, menurut Database Nutrien USDA:

Kalori: 114

Protein: 2,88 g

Lemak: 4,03 g

Lemak jenuh: 2,46 g

Karbohidrat: 17,4 g

Serat: 0 g

Gula: 17,3 g

Kalsium: 103 mg

Zat Besi: 0,216 mg

Sodium: 62,6 mg

Dan dalam setengah cangkir rata-rata es krim vanilla Anda, per Database Nutrient USDA:

Kalori: 137

Protein: 2.31 g

Lemak: 7,26 g

Lemak jenuh: 4,48 g

Karbohidrat: 15,6 g

Serat: 0,46 g

Gula: 14 g

Kalsium: 84,5 mg

Zat besi: 0,059 mg

Sodium: 52,8 mg

Selain kalori dan lemak, ada perbedaan lain antara frozen yogurt dan es krim yang mungkin Anda pikirkan: probiotik. Tetapi apakah menuju ke rumah makan terdekat Anda sama sehatnya dengan makan satu porsi yogurt yang sebenarnya? Iya dan tidak.

Frozen yogurt dimulai seperti yoghurt yang didinginkan, dengan menambahkan dua budaya hidup penting (Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilis) ke dalam susu,” kata Geerts. “Sebagian besar kultur bakteri hidup bertahan dalam pembekuan, namun, berbagai metode produksi dan penambahan bahan berarti semua produk yoghurt beku tidak dibuat sama.”

Dan Nguyen, ahli gizi di HelloFresh, menyarankan untuk membaca label dan daftar bahan froyo untuk mengkonfirmasi keberadaan “budaya aktif dan aktif.”

Namun, jika kesehatan usus adalah prioritas utama, Anda mungkin lebih baik memilih untuk yoghurt yogurt rendah gula biasa, katanya. (Ini biasanya mengandung lebih banyak probiotik dan sedikit gula tambahan.)

Faktor-faktor apa yang membuat frozen yogurt tidak terlalu sehat?

Mungkin masalah terbesar dengan froyo: bahwa kebanyakan orang membuang semua jenis topping tanpa nutrisi ke dalamnya.

“Pelanggan dapat menambahkan topping manis seperti permen, fudge, dan saus cokelat ke yoghurt beku Yunani tanpa lemak yang sehat, memberi skala pada wilayah yang tidak sehat,” kata Nguyen. (Menurut Nguyen, banyak sendi froyo sebenarnya membuat topping ini lebih mudah diambil daripada pilihan yang lebih sehat, seperti buah atau biji.)

Dan, terus terang, banyak pemakan yogurt tidak memilih yoghurt Yunani biasa. “Orang lupa bahwa varietas yang berbeda memiliki profil nutrisi yang berbeda,” kata Nguyen. Pilihlah red velvet atau kue dan krim froyo, dan Anda mendapatkan banyak gula tambahan dan bahan-bahan lain yang juga memengaruhi faktor kesehatan cangkir Anda.

Anda bisa membuat yoghurt relatif sehat, tetapi semuanya sesuai dengan keinginan Anda. Tentu saja, Anda benar-benar masih bisa memanjakan diri dengan tangy froyo; tetap pertahankan akalmu tentangmu ketika kamu melakukannya.

Jika Anda berada di sebuah froyo joint yang melayani sendiri, pertama, pilihlah varietas froyo dengan sedikit lemak dan gula, rekomendasikan Nguyen. Biasanya, yogurt asli, biasa akan menjadi pilihan terbaik Anda. (Untungnya, bahkan yoghurt beku biasa memiliki rasa vanila semi-manis, sehingga Anda tidak akan merasa seperti Anda kehilangan makanan.)

Namun, jika mereka memiliki froyo Yunani tanpa lemak yang sederhana, lakukanlah itu. “Profil nutrisi bahkan lebih baik, dengan sekitar 0 gram lemak, 14 gram gula, dan enam gram protein, yang membantu memperlambat penyerapan gula kita,” kata Nguyen.

Setelah Anda memilih basis yoghurt padat, “jangan biarkan ukuran sendok atau mangkuk penyajian menipu Anda agar tidak memenuhi,” kata Geerts. Ukuran porsi yang tepat adalah setengah cangkir.

Dari sana, tambahkan froyo Anda dengan buah-buahan segar dan kacang polos (bukan manisan) untuk meningkatkan nutrisi dan protein. Jika Anda menyukai PB, pilihlah selai kacang alami daripada saus selai kacang, saran Nguyen. Butuh lebih banyak rasa manis? Tambahkan sentuhan madu.

Masih sangat mendambakan es krim?

Pada akhirnya, jika Anda benar-benar menyukai es krim lebih baik daripada froyo, jangan memaksakan diri untuk makan yogurt demi kesehatan Anda. Manjakan diri Anda dengan seporsi es krim favorit Anda alih-alih berpura-pura bahwa dua porsi froyo akan melakukannya untuk Anda.

Leave a Reply

× Whatsapp