Cara Menjaga Tubuh dan Pikiran agar Tetap Sehat

Latihan hari kemarin dan pencapaian target kebugaran kerap menjadi fokus utama kita. Tetapi, kita seharusnya tahu bahwa kesehatan mental juga memainkan peran besar dalam kesehatan secara keseluruhan.

Pahami diri sendiri dan luangkan waktu untuk kesehatan mental Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Apa saja?

Catat Apapun yang Anda Rasakan

Bagi Anda yang menggunakan fitur pelacakan siklus menstruasi, Anda dapat dengan mudah mencatat perubahan emosi dan fisik apapun di Garmin Connect dan melihat polanya dari waktu ke waktu. Jika tidak, cobalah membuat jurnal tentang perasaan Anda selama beberapa bulan. Lihat kecenderungan yang tidak Anda harapkan atau peristiwa spesifik yang memicu emosi atau keadaan mental tertentu.

Bergeraklah!

Menggerakkan tubuh adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobic, seperti jogging, berenang, bersepeda, berjalan, berkebun, dan menari dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Aktivitas-aktivitas itu bukanlah olahraga yang harus dilakukan berjam-jam. Temukan saja sesuatu yang membuat Anda merasa baik dan lakukan selama 15-30 menit beberapa kali seminggu.

Pergi ke Alam

Penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Ini bisa sesederhana berjalan melalui taman terdekat atau duduk di rumah kaca. Jika petualangan Anda membawa Anda keluar di bawah sinar matahari tentu saja akan lebih baik. Hanya 10 menit paparan sinar matahari setiap hari dapat membantu meningkatkan suasana hati, kepuasan kerja, dan tidur.

Ketiganya merupakan beberapa cara untuk membantu mengelola dan meningkatkan kesehatan mental. Tetapi jika Anda berada dalam masa krisis dan ingin mencari dukungan, segera hubungi pusat bantuan untuk konseling.

Leave a Reply

× Whatsapp