Cara Hindari Ketakutan dan Kecemasan saat Karantina Diri

Cara Hindari Ketakutan dan Kecemasan saat Karantina Diri

Jika Anda mengkarantina diri atau mempraktikkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona, Anda mungkin merasa kesepian, cemas, atau depresi.  Tetapi ada cara untuk mengatasinya seperti kata para pakar Universitas Northwestern.

“Pertama, akui bahwa ini adalah waktu yang penuh tekanan dan kemungkinan memunculkan banyak emosi seperti ketakutan dan kecemasan,” kata Judith Moskowitz, seorang profesor ilmu sosial medis di Feinberg School of Medicine Northwestern di Chicago.

Jika Anda harus bekerja di rumah, melawan perasaan terisolasi dengan menggunakan konferensi web yang memungkinkan Anda menghubungkan “tatap muka” dengan rekan kerja, sarannya.

“Jika Anda terjebak di rumah bersama anak-anak Anda, lihat itu sebagai kesempatan untuk terhubung dengan mereka, seperti bermain game, membaca buku atau menonton film bersama,” kata Moskowitz. “Menciptakan momen positif kecil seperti ini dapat membantu Anda mengatasi stres karena harus tetap di rumah. Tuliskan momen positif dalam sehari untuk membantu Anda menjaga perspektif dan penghargaan untuk semua yang masih baik. Dorong anak-anak Anda untuk melakukan sama.”

Periksa juga dengan teman dan tetangga, terutama jika Anda mengenal seseorang yang tinggal sendirian. Moskowitz mengatakan itu akan menumbuhkan perasaan bahwa Anda semua terlibat bersama.

Mendapatkan banyak paparan cahaya luar, terutama di pagi hari, juga akan membantu. “Cahaya adalah salah satu sinyal alam yang terkuat, menyelaraskan jam biologis dan sosial kita dengan matahari,” kata Dr Phyllis Zee, direktur Northwestern Medicine Sleep Disorders Center. Sinkronisasi ini menghasilkan tidur yang lebih baik, metabolisme yang lebih efisien, dan fungsi jantung serta kekebalan tubuh yang lebih sehat, katanya.

Selain itu, sinyal cahaya mencapai area otak yang mengatur suasana hati. Paparan cahaya siang hari yang cerah dapat meningkatkan suasana hati dan kinerja, sementara meredupkan cahaya dua hingga tiga jam sebelum tidur dapat membantu meningkatkan tidur, Zee menambahkan.

Andrea Graham, asisten profesor ilmu sosial medis, mengatakan kombinasi isolasi sosial dan rutinitas yang terganggu dapat memicu perasaan sedih dan kesepian. “Untuk mengatasi perasaan itu, jadwalkan beberapa latihan di rumah, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda,” sarannya. Gunakan media sosial dan obrolan online untuk terhubung dengan teman dan keluarga. Kegiatan kelompok seperti memasak dan beribadah sering disiarkan langsung.

“Teruslah melakukan kegiatan yang membuat Anda merasa baik untuk membantu mempertahankan kondisi mental yang positif,” saran Graham. “Dan pertahankan semacam rutinitas, masih bangun pada waktu yang konsisten dan masuk akal. Ini baik untuk suasana hatimu. Rasanya kurang tanpa tujuan dengan gangguan besar dalam rutinitas itu.”

Leave a Reply

× Whatsapp