Burnout di Tempat Kerja Bisa Sebabkan Berat Badan Naik

Kelelahan kerja tanpa disadari dapat berakibat buruk bagi lebih dari sekadar moral Anda. Kondisi ini mungkin buruk untuk ukuran pinggang Anda juga. Sebuah studi baru dari para peneliti di Universitas Georgia di Athena menemukan bahwa orang dewasa yang merasa terlalu banyak bekerja atau kelelahan sering mengadopsi serangkaian perilaku tidak sehat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Para peneliti merekrut hampir 1.000 pria dan wanita yang bekerja penuh waktu. Mereka meminta para pekerja untuk menjawab pertanyaan tentang beban kerja mereka serta perasaan kelelahan atau burnout. Mereka juga meminta peserta studi untuk melaporkan kebiasaan makan dan olahraga yang dilakukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan dengan beban kerja yang lebih berat atau lebih menuntut lebih cenderung terlibat dalam makan dan makan emosional tanpa berhenti. Mereka juga cenderung memilih makanan yang memiliki lebih banyak lemak. Peserta yang kelelahan menunjukkan perilaku tidak sehat yang sama. Mereka juga kurang berolahraga, yang selanjutnya menambah potensi penambahan berat badan.

“Sangat masuk akal bahwa stres kronis dari pekerjaan bermanifestasi dalam perilaku dan kebiasaan kesehatan negatif,” kata psikolog klinis Carla Marie Manly, PhD. “Jiwa dan tubuh fisik manusia memiliki energi yang terbatas. Ketika energi habis atau mendekati habis, sistem tidak akan berfungsi pada kapasitas optimal.”

Dia menambahkan, “Ketika datang ke kebiasaan diet dan olahraga, karyawan yang terlalu tertekan mungkin begitu terkuras oleh pekerjaan sehingga pikiran secara tidak sadar atau sadar mengatakan, ‘Hei, saya lelah. Saya tahu saya harus berolahraga dan makan dengan benar, tetapi saya tidak punya waktu atau tenaga’. Ketika siklus ini diulang, jalur saraf yang kuat terbentuk, dan perilaku kebiasaan yang tidak sehat menjadi norma.”

Burnout adalah masalah kesehatan yang diakui

Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD) menambahkan burnout pada daftar sindrom yang dapat didiagnosis pada tahun 1992. Dalam revisi ke-11 dari Sumber ICDTrusted, yang akan dirilis pada tahun 2022, mereka memperluas definisi sindrom, membuatnya jelas burnout adalah akibat dari stres kerja dan kelelahan terkait.

Beberapa perusahaa mengakui dampak jangka panjang dari stres ini, praktik perawatan diri yang buruk, dan kurangnya olahraga yang dapat terjadi pada tenaga kerja mereka. Memang, perusahaan telah menerapkan program kesehatan di tempat kerja selama sepuluh tahun terakhir. Banyak dari mereka fokus pada manajemen berat badan dan kesehatan secara keseluruhan, aspek kesehatan yang meningkatkan biaya perawatan kesehatan bagi perusahaan dan dapat menyebabkan penurunan produktivitas di masa depan.

Tetapi satu elemen yang tampaknya hilang dalam banyak program kesehatan ini adalah fokus pada penanganan tuntutan pekerjaan. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian ini, tuntutan ini dapat memainkan peran penting dalam kesehatan karyawan.

“Pengusaha dapat melakukan banyak hal untuk menciptakan lingkungan kerja kolaboratif yang mengurangi stres dan memicu energi positif yang tidak kompetitif,” kata Manly. “Tujuan karyawan yang jelas, jam kerja yang fleksibel, dan harapan yang masuk akal juga menumbuhkan lingkungan kerja yang bebas stres dan positif.”

Manly juga mengatakan bahwa pengusaha dapat mempertimbangkan untuk menjadikan staf sebagai staf SDM yang reseptif dan suportif karena mereka “vital untuk mengurangi stres secara keseluruhan, menawarkan kesempatan belajar pengurangan stres, dan memfasilitasi dukungan berkelanjutan untuk karyawan yang stres.”

Bantu diri Anda menghindari kejenuhan

“Ada sebuah konstruksi dalam penelitian psikologis yang disebut ‘kontrol diri’ yang dipahami dengan baik dan sangat banyak bagian dari kehidupan kita sehari-hari,” kata Chandler Chang, PhD, seorang psikolog dan pendiri Terapi Lab. “Kontrol diri adalah apa yang mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang awalnya mungkin tidak ingin kita lakukan tetapi itu berkontribusi pada kesejahteraan kita dalam jangka panjang.”

Ini termasuk hal-hal seperti olahraga, nutrisi yang baik, dan perawatan diri, yang semuanya dapat membantu orang menjalani kehidupan yang lebih sehat. “Hal yang menarik tentang pengendalian diri adalah bahwa hal itu bekerja seperti tangki bensin,” katanya. “Pada awal hari, ‘tangki’ kontrol diri kita penuh, tetapi pada akhir hari, terutama hari kerja yang panjang dan melelahkan, tank kita berjalan di tempat yang kosong.”

Singkatnya, ketika Anda kehabisan energi, Anda harus berjuang banyak untuk mengesampingkan diri sendiri. “Orang-orang sering menyalahkan diri mereka sendiri ketika energi mereka habis dan mereka membuat pilihan yang kurang sehat, tetapi sebenarnya ini lebih tentang menjaga tangki kontrol diri penuh,” kata Chang.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  1. Waspada

Langkah pertama untuk membalikkan masalah adalah mengenalinya dan kemudian rela melakukan sesuatu tentang hal itu. “Berbekal kesadaran diri yang tidak menghakimi, individu dapat perlahan tapi pasti membuat pilihan yang lebih sehat dalam jangka panjang,” kata Manly. “Misalnya, makan siang dan makan malam yang sehat dapat disiapkan pada hari Minggu untuk memungkinkan makan sehat yang lebih mudah selama minggu yang sibuk.”

  1. Minta istirahat dan tetapkan batasan

Pengusaha dapat membantu karyawan mereka menjaga “tangki bensin” mereka penuh dengan menawarkan waktu istirahat dan menetapkan batasan yang sehat, seperti tidak mengirim surel pada malam hari. Jika atasan Anda tidak memberikan batasan itu atau Anda pikir mereka masih terlalu mengganggu, mintalah penyesuaian.

  1. Fokus pada tidur

Tidur yang baik dapat menutupi banyak penyakit. Kurang tidur meningkatkan stres dan kecemasan terkait pekerjaan. “Awalnya stres dapat menekan nafsu makan, tetapi ketika itu berkepanjangan, itu dapat menyebabkan kenyamanan makan atau kegemaran dalam makanan dan alkohol,” kata Sabina Brennan, PhD, seorang psikolog klinis di Trinity College Dublin dan penulis “100 Days to a Younger Brain”. “Ketika Anda kurang tidur atau tidur nyenyak, Anda akan makan lebih banyak pada hari berikutnya. Tidur hanya empat jam selama enam hari sudah cukup untuk mendorong tubuh Anda ke kondisi pradiabetes.”

  1. Pergi ke HR

Jika upaya terbaik Anda untuk memperbaiki kelelahan dan burnout Anda tidak seberapa berdampak terhadap perubahan apapun, Anda mungkin ingin mencari dukungan dan panduan dari staf sumber daya manusia perusahaan Anda, kata Manly.

Orang-orang ini adalah para profesional dengan pengalaman dalam membantu karyawan memilah-milah masalah yang terkait dengan pekerjaan dan menemukan solusi yang masuk akal. Menekankan kekhawatiran Anda kepada mereka mungkin tidak hanya membantu Anda; itu mungkin membantu orang lain dalam perahu yang sama seperti Anda dalam jangka panjang.

Leave a Reply

× Whatsapp