Berita Corona di Medsos Bikin Stres, Begini Cara Atasinya

Berita Corona di Medsos Bikin Stres, Begini Cara Atasinya

Pandemi virus Corona atau COVID-19 membuat setiap orang terus-menerus memeriksa pembaruan berita melalui ponsel mereka. Alhasil, tak sedikit yang akhirnya merasa stres setelah membaca berita-beritanya. Memilih berhenti mengikuti perkembangan berita menjadi solusi yang dipilih untuk tidak merasakan stres di tengah kepanikan pandemi ini.

“Ini benar-benar resep sempurna untuk kegelisahan dan kepanikan,” kata psikolog klinis berlisensi Debra Kissen dari Chicago. Dan stres, harus dicatat, mungkin menjadi faktor dalam penyakit jantung.

Tapi Kissen, CEO Light on Anxiety CBT Treatment Center, dan lainnya, mengatakan kecemasan dapat dikelola. Salah satu caranya adalah media sosial digunakan dengan benar yang membuat Anda tetap sehat secara mental. Ini juga dapat membantu Anda menemukan keseimbangan.

Apa yang bisa saya lakukan untuk melindungi diri?

Kissen mengakui pandemi COVID-19 belum pernah terjadi sebelumnya karena ketidakpastiannya telah merayap ke dalam “setiap sudut kecil dan celah” kehidupan. Orang-orang mengkhawatirkan batuk tetangga akan menjadi salah satu gejalanya atau tidak. Apakah sentuhan itu akan memiliki dampak? Apakah saya akan terinfeksi di supermarket?

Terasa wajar bila setiap orang memikirkan hal-hal tersebut di tengah pandemic. Respon otak Anda terhadap ketidakpastian seperti itu adalah definisi kecemasan seperti kata Kissen. “Kecemasan adalah semua tentang masa depan ‘bagaimana jika?'” Kata Kissen. “Apakah sesuatu yang buruk akan terjadi, dan apa yang bisa saya lakukan untuk melindungi diri saya sendiri?”

Dalam menghadapi ancaman yang terlihat, otak Anda dapat memilih tindakan – katakanlah, berkelahi atau melarikan diri. Tetapi di tengah ketidakpastian, otak Anda mencari apa yang dapat dikontrolnya, bahkan ketika tidak ada hal yang dapat dilakukan. Saat itulah masalah dapat dimulai.

Beberapa orang terus mencari tindakan yang harus diambil dan mengikuti impuls tidak sehat yang mengatakan, “Biarkan saya menimbun lebih banyak. Biarkan saya membaca lebih banyak”. Ya, dibandingkan menerima bahwa hanya ada batasan untuk kendali saya pada saat ini.

Keith Hampton, seorang profesor di departemen media dan informasi di Michigan State University di East Lansing, mengatakan media sosial memperkuat stres dengan memberi kita koneksi pribadi kepada orang-orang yang mengalami berita buruk secara langsung.

Namun Hampton, yang memimpin penelitian untuk Pew Research Center tentang “biaya perawatan” ini, mengatakan hubungan kami dengan media sosial tidak harus semuanya negatif.

Informasi positif dapat menular

“Kami tahu, misalnya, bahwa orang yang menggunakan lebih banyak media sosial cenderung melihat ada lebih banyak dukungan sosial yang tersedia untuk mereka dari teman dan keluarga, online dan offline,” kata Hampton.

Ketika orang mengalami hal-hal positif, katanya, mereka juga mendapatkan sedikit peningkatan psikologis. Jadi, bagian dari solusi untuk mengelola media sosial di saat kecemasan tinggi adalah memastikan Anda tidak hanya membagikan apa yang membuat Anda khawatir, tetapi juga kabar baik apa pun yang Anda alami.

Mengetahui orang itu aman dan meningkat, “informasi positif seperti itu bisa menular”, katanya. Itulah bagian dari alasan mengapa ia tidak merekomendasikan mematikan media sosial sepenuhnya.

Kita mungkin memerlukan jarak sosial, praktik menciptakan ruang fisik antara Anda dan orang lain untuk mencegah penyebaran virus. Tetapi, dia mengatakan bahwa ini bukan waktu untuk isolasi sosial.

“Ini adalah waktu untuk mencari dan memberikan dukungan sosial kepada mereka yang membutuhkannya. Dan media sosial dapat menjadi alat yang sangat kuat untuk memeriksa teman dan keluarga, untuk memberikan dukungan emosional kepada mereka yang membutuhkan pengorganisasian untuk menyediakan sumber daya bagi tetangga. , untuk orang tua, anak-anak, orang-orang yang tidak lagi mendapatkan atau tidak dapat mengakses sumber daya yang mereka butuhkan. “

Kunci untuk mengurangi kecemasan

Tapi, dia dan Kissen berkata, berhati-hatilah dengan bagaimana kamu menggunakannya. Menjaga informasi berkualitas tinggi sangat penting. “Kita tidak bisa meletakkan kepala kita di pasir dan berpura-pura ini tidak terjadi, karena itu tidak sehat atau baik,” kata Kissen. Jadi, pilih sumber berita, putuskan, “Oke, saya akan membiarkan diri saya seperti 30 menit sehari, atau 10 artikel berkualitas tinggi, dan memeriksa dengan mereka.”

Menjaga otak khawatir Anda dari autopilot melalui kesadaran adalah kunci untuk mengurangi kecemasan dalam semua aspek kehidupan, katanya. “Ini bukan voodoo spiritual tipu. Ini tentang meningkatkan kemampuan seseorang untuk kembali ke saat ini.”

Aplikasi untuk CBT – terapi perilaku kognitif – dapat membantu, katanya. Begitu juga dengan trik waktu yang dihormati seperti berolahraga, berjalan-jalan, dan menjadi aktif.

Tidak ada lagi yang harus dilakukan

“Pikirkan komputer yang memiliki 20 jendela terbuka dan beku karena ada terlalu banyak hal yang terjadi,” katanya. Itu memaksa reboot. “Apa yang kita lakukan untuk mem-boot ulang diri kita sendiri? Apakah ini lompatan? Apakah itu hanya berdiri dan meregangkan? Apakah ini mendapatkan udara segar? Input seperti apa yang dapat kita berikan pada tubuh kita untuk bergerak dan melepaskan diri?”

Secara keseluruhan, katanya, tujuannya adalah untuk memutus lingkaran antisipasi yang tak ada habisnya. Otak Anda mungkin berkata, “bukankah seharusnya saya melakukan lebih banyak? Bukankah seharusnya saya melakukan lebih banyak?” Kata Kissen. “Tapi kadang-kadang tidak ada lagi yang harus dilakukan.”

Leave a Reply

× Whatsapp