Begini Cara Berhenti dari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Begini Cara Berhenti dari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kita semua melakukannya. Kita menyentuh wajah kita berkali-kali setiap hari. Hidung gatal, mata lelah, menyeka mulut Anda dengan punggung tangan adalah semua yang kita lakukan tanpa berpikir dua kali. Namun, menyentuh wajah Anda secara signifikan dapat meningkatkan risiko infeksi flu atau virus flu, tetapi terutama virus corona baru.

Mulut dan mata Anda adalah area di mana virus dapat masuk ke dalam tubuh dengan paling mudah, dan yang diperlukan hanyalah menyentuhnya dengan jari yang sudah membawa infeksi.

Dua cara untuk menularkan infeksi

Menurut Pusat Tepercaya Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), virus Corona baru, juga disebut SARS-CoV-2, ditularkan dari orang ke orang, seperti banyak infeksi pernapasan lainnya.

Ini termasuk tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika seseorang bersin dan menghirup paru-paru orang lain, dan dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan menggunakan tangan itu untuk menyentuh mata atau mulut Anda.

Meskipun kita dapat dengan mudah menghindari berada di dekat seseorang yang jelas-jelas sakit, atau mengambil tindakan pencegahan terhadap virus yang ada di udara menggunakan masker, menghindari virus ketika berada di permukaan hampir tidak mungkin.

Kita menyentuh wajah kita setiap saat

Para ilmuwan yang meneliti perilaku ini menemukan bahwa orang-orang terus-menerus menyentuh wajah mereka. Dalam satu sumber tahun 2008, 10 subyek masing-masing diamati sendirian di lingkungan kantor selama 3 jam. Peneliti menemukan mereka menyentuh wajah mereka rata-rata 16 kali per jam.

Studi lain dari 2015 mengamati 26 mahasiswa kedokteran di sebuah universitas di Australia untuk mengetahui bahwa mereka menyentuh wajah mereka 23 kali per jam. Hampir setengah dari sentuhan wajah melibatkan mulut, hidung, atau mata, yang merupakan jalur termudah bagi virus dan bakteri untuk memasuki tubuh kita.

Bahkan para profesional medis, yang seharusnya tahu lebih baik, ditemukan menyentuh wajah mereka rata-rata 19 kali dalam 2 jam sambil tidak konsisten dalam mengamati kebersihan tangan yang benar.

“Ketika bekerja secara aktif, orang-orang akan sering menggerakkan kaki mereka, bermain dengan rambut mereka, atau dalam hal ini, menyentuh wajah mereka. Pasti membantu untuk mengetahui kapan Anda paling rentan terhadap kegiatan seperti itu dan mencoba untuk tetap sadar, selama pertemuan, atau panggilan telepon, atau saat asyik bekerja, “Dr. Alex Dimitriu, papan ganda bersertifikat psikiatri dan obat tidur dan pendiri dari Psychiatry & Sleep Medicine, di Menlo Park, California, kepada Healthline.

Mencuci tangan adalah kuncinya

Jadi, kita mengambil tindakan pencegahan seperti mencuci Sumber tangan kita yang sering dan menggunakan setidaknya 20 detik untuk melakukannya. Tapi ini hanya bisa membantu jika kita juga menghindari menyentuh wajah kita, karena tidak ada cara untuk mengetahui kapan Anda mengambil penumpang kecil, dan berpotensi mematikan.

Menurut CDC, mencuci tangan yang efektif terdiri dari lima langkah sederhana:

– basah

– busa

– menggosok

– bilas

– keringkan

Namun, kita sering menyentuh wajah kita sehingga kemungkinan untuk mengkontaminasi ulang tangan kita di antara pencucian sangat tinggi. Yang diperlukan hanyalah menyentuh kenop pintu atau permukaan serupa dan Anda dalam bahaya infeksi lagi.

“Cincin, perhiasan, atau bahkan gelang karet baru di sekitar pergelangan tangan dapat berfungsi sebagai pengingat untuk meningkatkan kesadaran tangan, dan idealnya untuk mengingat agar tidak menyentuh wajah Anda,” kata Dimitriu. “Namun, sesuatu harus berbeda untuk mendorong perilaku ‘berbeda’ dan tidak otomatis.”

Itu kebiasaan yang bisa Anda hilangkan

Zachary Sikora, PsyD, seorang psikolog klinis di Northwestern Medicine Huntley Hospital di Huntley, Illinois, menawarkan tips berikut untuk menghindari menyentuh wajah Anda selama wabah koronavirus.

“Berhati-hatilah dengan niat Anda untuk menjauhkan tangan dari wajah. Hanya jeda singkat dapat membantu Anda lebih menyadari apa yang Anda lakukan dengan tangan Anda, “katanya.

Dia menambahkan bahwa itu juga membantu menempatkan pengingat seperti Post-it notes di rumah atau kantor Anda sehingga Anda dapat melihatnya dan ingat Anda ingin menjauhkan tangan dari wajah Anda.

“Buat tanganmu sibuk. Jika Anda berada di rumah menonton TV, cobalah melipat cucian, menyortir surat, atau memegang sesuatu di tangan Anda, ”Sikora menjelaskan, menambahkan bahwa bahkan tisu pun akan berfungsi, asalkan itu mengingatkan Anda untuk menjauhkan tangan dari wajah Anda. .

Dia juga merekomendasikan penggunaan pembersih tangan beraroma atau sabun tangan beraroma untuk membantu mengingatkan diri sendiri agar menjauhkan tangan dari wajah Anda. Bau akan menarik perhatian Anda ke lokasi tangan Anda.

Jika Anda sedang rapat atau duduk di kelas, ia merekomendasikan untuk mengikat jari-jari Anda dan meletakkannya di pangkuan Anda. Akhirnya, jika Anda tahu Anda terbiasa menyentuh wajah Anda, Sikora mengatakan mengenakan sarung tangan bisa menjadi pengingat fisik yang efektif.

“Anda dapat mengenakan sarung tangan saat Anda keluar di tempat umum dan kemungkinan besar akan terpapar dengan menyentuh permukaan yang memiliki virus,” kata Sikora. “Lalu lepaskan ketika kamu sampai di tujuan. Ini mungkin tidak biasa, tetapi mengenakan sarung tangan di rumah juga dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan menyentuh wajah Anda.”

Leave a Reply

× Whatsapp