3 Alasan Menjeda dan Beristirahat Saat Berolahraga Olahraga

Doran.id – Teruntuk kalian yang pekerja keras dan memiliki waktu terbatas sebaiknya membaca artikel ini dikarenakan kami membahas sesuatu yang kuat kaitannya dengan kebiasaan kaum urban. Terutama masyarakat yang ada diperkotaan. Olahraga memang menjadi sesuatu kewajiban bagi setiap individu untuk terus bugar dalam setiap aktivitas dan menjalani aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, setiap orang memiliki porsi untuk melakukan peregangan otot dan pembakaran kalori berdasarkan tingkat aktivitas, gizi, dan pola hidupnya. Jangan sampai karena ada waktu senggang yang lebih justru melakukan olahraga berlebih. Karena lonjakan kebiasaan olahraga yang tidak konstan seperti ini akan  membahayakan tubuh. Dilansir dari Dokter Grace salah satu mantan Dokter Timnas Wanita Indonesia di ajang AFF, kebiasaan ini bisa meningkatkan daya pacu jantung berlebihan dari biasanya.

Akibat Olahraga Berlebihan

Ciri olahrga yang berlebihan memiliki ciri menimbulkan dehidrasi, dan gangguan saat menstruasi pada wanita,  depresi, daya tahan tubuh melemah” Ujarnya. Jika sudah mendapati ciri-ciri tersebut saat melakukan olahraga sebaiknya mengurangi frekuensi sedikit demi sedikit, tidak serta merta langsung berhenti melakukan aktifitas olahraga.

Memonitor Kesehatan Tubuh secara Mandiri

Hal yang awal yang paling awal untuk mendiagnosa Kesehatan adalah membuat statistik kesehatan. Salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan gadget seperti smartwatch. Banyak beredar dipasaran smartwatch yang menawarkan fitur – fitur pencatatan Kesehatan hingga statistik realtime untuk mengetahui Kesehatan penggunanya. Seperti Garmin yang memiliki fitur Body Battery yang dapat mengetahui energi yang tersimpan pada penggunanya yang nantinya menentukan waktu istirahat penggunanya.

Cara Olahraga yang Sehat

Dilansir dari WHO, setiap individu setidaknya melakuakan aktifitas fisik selama 150 menit dalam kurun waktu 7 hari untuk menjaga metobolisme tubuh, akan tetapi jika melakukan aktifitas olahraga berat bisa mengurangi 75 menit dalam satu minggu. Durasi tersebut bisa berubah menyesuaikan kebutuhan dan tingkat Kesehatan individu.

Melakukkan secara Konstan

Selain itu hal yang perlu disadari oleh orang yang sibuk dengan pekerjaan dan memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan aktififitas olahraga,sebaiknya melakukan satu olahraga 1 saja, focus terhdapa 1 olahraga namun dilakukan secara konstan dan terus menerus. Tidak dilakukan secara instan dan mendadak dalam penambahan porsi olahraga menurut American Heart Association (AHA).

Jadi, ada baiknya bagI Anda tidak memaksakan untuk olahraga secara berlebihan. Sebab, setiap indvidu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Pastikanlah Anda melakukan olahraga secara teratur dimulai dari hal yang ringan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan gizi. Janganlah paksakan diri Anda untuk berolahraga apabila kondisi tubuh sedang tidak memungkinkan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

× Whatsapp