6 Tips Mengatasi Insomnia, Berikut Caranya

mengatasi insomnia

Doran.id – Gangguan tidur atau yang banyak dikenal oleh masyarakat luas insomnia, memang sangat mengganggu apabila paginya ada jadwal yang penting yang harus dilakukan, atau setidaknya Ketika malam hari mengalami insomnia paginya akan kehilangan stamina setidaknya 30% menurut jurnal dipublikasikan oleh American health.

Gangguan insomnia ini memiliki banyak faktor tergantung dari aktifitas setiap aktifitas individu. Dari semua faktor yang telah dikumpulkan, hal utamnya adalah aktifitas jantung yang memompa darah keseluruh tubuh meningkat karena faktor tersebut, factor tersebut bisa karena minum kopi, Overthinking, grogi, gugup, kebiasaan beraktifitas malam hari dan masih banyak lainnya.

Hal yang perlu diatasi adalah mencari sumber factor tersebut dan mengatasinya, apabila faktor sudah bisa diatas hal yang perlu diatasi selanjutnya adalah mengatasi metabolisme yang telah berlangsung dalam tubuh yang menyebabkan insomnia. Dari hal tersebuh Doran.id membagikan tips untuk kalian yang dapat mengatasi insomnia.

  • Membaca buku

Membaca ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan cara agar terhindar dari insomnia, dimana aktifitas metabolisme akan menurun karena aktifitas akan berkonsentrasi di otak untuk focus terhadap yang dibaca. Membaca dengan konstan akan menurunkan metabolisme dan bisa menyebabkan tertidur.

  • Menghindari ponsel

Membaca dibuku berbeda dengan membaca di ponsel, dikarena ponsel memiliki daya jelajah lebih luas, dikarena ponsel dapat melakukan hal apapun, sehingga otak akan melakukan aktifitas lebih untuk melakukan hal tersebut dan rasa penasaran akan makin tinggi, berbeda dengan buku yang membuka halaman – halaman selanjutnya dan bersifat terbatas, ponsel akan memiliki daya jelajah lebih bebas, delain itu radiasi pada layer ponsel akan membuat mata bekerja ekstra sehingga meningkatkan aktifitas metabolisme.

  • Minum susu

Meminum susu dan pisang merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan resiko terkena insomnia, susu dan pisang yang bersifat antidepresan menurunkan akifitas pada metoabolisme yang berlebihan, tapi perlu di ingat jangan gunakan gula Ketika mengkonsumsi susu dan pisang, garena gula akan menurunkan keefektifan hal ini.

Baca Juga : Cara Kerja Pemantau Tidur pada Perangkat Wearable

  • Olahraga

Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa olahraga dengan benar dan rutin akan menghindarkan manusia dari insomnia. Dari berbagai macam jurnal sepakat bahwa olahraga yang baik dan benar dapat mengurangi resiko insomnia.

  • Mematikan Lampu

Mematikan lampu adalah salah satu aktifitas yang sangat efektif, dimana mata tidak mendapatkan reseptor untuk menerima cahaya sehingga mata dapat menurunkan daya sensoriknya, hal ini akan meningkatkan presentase tidur.

Baca Juga : Mengenal Fitur Garmin Sleep Score dan Sleep Insight

  • Mandi Air Hangat

Hal selanjutnya adalah hal yang efektif, hal ini bisa di modifikasi dengan rentetan tips diatas. Semisal kalian berolahraga di malam hari setelah itu mandi air hangat dan minum susu tanpa gula, dipastikan hal ini akan meningkatkan presentasi untuk tidur, kenapa mandi air hangat bisa menghindarkan kalian dari insomnia, air hangat yang membasuh tubuh akan menurunkan tekanan dalam darah dan menimbulkan efek relaksasi pada otot – otot tubuh.

Berikut itulah tips untuk menghindari insomnia Ketika akan tidur, insomnia berat akan menimbulkan banyak sekali resiko Kesehatan sehingga kalian perlu untuk segera mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

× Whatsapp