6 Mitos tentang Tidur dan Kebenarannya

Diperkirakan 50-70 juta orang Amerika tidak memiliki kualitas tidur yang cukup menurut Centers for Disease Control. Bahkan jika Anda biasanya mendapatkan istirahat malam yang baik, kemungkinan ada malam-atau peregangan malam-di mana Anda gagal. Untuk membuat setiap menit terakhir dari hitungan tidur, jangan mematuhi mitos tidur ini.

Mitos 1. Tertidur di depan TV bukan masalah

Kebenaran: Cahaya buatan dari televisi, terutama dari layar komputer dan telepon pintar dapat menekan produksi melatonin, hormon pemicu tidur yang dipicu oleh kegelapan. Cahaya artifisial juga menggeser ritme sirkadian Anda, siklus biologis yang terutama merespons cahaya siang dan kegelapan serta memengaruhi tidur.

Mitos 2. Segelas wine sebelum tidur akan membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.

Kebenaran: Karena alkohol adalah obat penenang, minum anggur, bir, atau minuman beralkohol lainnya dapat membantu Anda tertidur, tetapi sedikitnya dua minuman dapat menyebabkan Anda kurang tidur dengan nyenyak dan lebih sering bangun. Dan gangguan tidur terkait alkohol lebih buruk bagi wanita, kata para peneliti di University of Michigan. Minumlah secukupnya, jika sama sekali, dan hindari minum dalam beberapa jam sebelum tidur.

Mitos 3. Berolahraga di malam hari membuat Anda tetap terjaga.

Kebenaran: Memukul gym atau berlari kurang dari 3 jam sebelum tidur tidak akan mencegah Anda tertidur, menurut penelitian terbaru. Namun, hal itu dapat menghambat kualitas tidur Anda.

Mitos 4. Secangkir teh herbal akan membuat Anda lebih cepat tidur.

Kebenaran: Meskipun chamomile, balsam lemon, hop, dan passionflower semuanya dipuji-puji karena sifatnya mendukung tidur (dan sering ditemukan dalam campuran teh “formula tidur”), keefektifannya belum terbukti dalam studi klinis, menurut laporan tersebut. American Academy of Sleep Medicine.

Mitos 5. Anda bisa mengejar kurang tidur dengan tidur di akhir pekan.

Kebenaran: Jika Anda kurang tidur atau kurang tidur sekali atau dua kali seminggu, Anda bisa menebusnya. Tetapi setelah lebih dari beberapa malam tanpa tidur, menjadi lebih sulit untuk “pulih” dari kurang tidur, kata penelitian baru dari Penn State.

Mitos 6. Minum segelas susu hangat akan membantu Anda tertidur.

Kebenaran: Teorinya adalah ini: susu mengandung triptofan (asam amino yang paling dikenal karena berada di Turki), yang ketika dilepaskan ke otak menghasilkan serotonin-neurotransmitter yang meningkatkan ketenangan. Tetapi ketika susu diuji, itu gagal mempengaruhi pola tidur. “Makanan yang mengandung tryptophan tidak menghasilkan efek hipnotis dari tryptophan murni, karena asam amino lain dalam makanan tersebut bersaing untuk masuk ke otak,” jelas Art Spielman, MD, seorang ahli insomnia dan profesor psikologi di City University of New York.

Leave a Reply

× Whatsapp