5 Cara Kurangi Hasrat Konsumsi Karbohidrat

Keto, Banting, rendah karbohidrat, bebas gluten dengan begitu banyak istilah, tren, dan diet, mudah untuk menganggap karbohidrat sebagai yang paling jahat dari semua makanan. Tetapi beberapa hari, Anda sangat membutuhkan sepotong roti, pizza atau semangkuk kentang goreng.

Mengapa kita sangat menginginkan karbohidrat?

Tubuh kita membutuhkan karbohidrat untuk energi. Karbohidrat, yang bisa dalam bentuk gula, pati dan selulosa, adalah sumber energi terbesar bagi tubuh kita. Karbohidrat menyediakan bahan bakar untuk sistem saraf pusat kita dan dapat memiliki efek signifikan pada suasana hati dan tingkat stres kita.

Karbohidrat juga memicu serotonin, dopamin, dan endorfin lain di otak. Tidak heran Anda menginginkan kue kering yang manis ketika Anda merasa kurang bersemangat. Tetapi jika Anda tidak pandai mengatur asupan karbohidra, Anda dapat dengan mudah belajar mengandalkan makanan ini untuk meningkatkan suasana hati. Lalu, Anda mungkin mulai membiasakannya.

Jadi, bagaimana kita menghentikan kebiasaan ini? Berikut beberapa tips:

  1. Pilih karbohidrat ‘baik’

Tentu saja tidak semua karbohidrat buruk bagi Anda. Karbohidrat “buruk” adalah karbohidrat yang tidak mengandung gizi dan kaya akan gula dan lemak jenuh, misalnya donat, kue, dan keripik. Karbohidrat “baik” seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian tidak hanya dikemas dengan nutrisi bermanfaat, tetapi melepaskan energi mereka lebih lambat dan menghindari gula.

Jika Anda ingin mengonsumsi karbohidrat, jangan hanya memilih pilihan yang jelas seperti roti. Kaji kembali diet Anda dan lihat apakah menambah asupan karbohidrat sehat dapat membantu.

  1. Puaskan keinginan mengonsumsi karbohidrat dengan pilihan sehat

Ketika memilih camilan, pastikan itu adalah makanan yang menyeimbangkan karbohidrat sehat, lemak sehat, dan protein. Makan selai kacang pada biskuit gandum, atau kombinasikan buah, kacang, dan yogurt tawar. Kita sering merindukan makanan-makanan yang tergolong tidak sehat. Jika keripik yang sedang Anda idam-idamkan, cobalah ganti dengan mengemil almond atau memakan sayuran.

  1. Kurangi asupan gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula akan menyebabkan energi Anda melonjak dan jatuh. Hal itu menyebabkan Anda menginginkan lebih banyak camilan manis. Jika Anda terlalu bergantung pada hal-hal manis untuk meredam keinginan makan, inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan pada kebiasaan Anda.

  1. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Tubuh kita sering mengartikan kehausan sebagai kelaparan. Ketika Anda merasa lapar, tetapi Anda tahu baru saja makan, pertama-tama coba minum seteguk air.

  1. Jangan terlalu lapar

Jangan biarkan diri Anda kelaparan. Makanlah dalam porsi kecil dan sering di siang hari untuk menghindari kelaparan sehingga Anda mencari pilihan makanan terdekat yang tidak sehat. Kita sering tidak berada di dekat dapur atau di meja yang menyimpan berbagai makanan ringan yang sehat. Pastikan selalu mengonsumsi makanan sehat untuk mengatasi lapar Anda.

Leave a Reply

× Whatsapp